HARMONI SITUBONDO

KORAMIL 0823/01 KOTA MELAKSANAKAN PERANGKAT UJI TANAH SAWAH (PUTS)

SITUBONDO,  Danramil 0823/01 Kota Kapt Inf Marwito dan Babinsa wilayah Desa Olean Sertu Yamin dan Babinsa Desa Talkandang Serda Buharto bersama  Pendamping Upsus Nur Fadilla, Syahira banu, Pranata chanan, Puspita dewi,  PPL Agus Suprayadi dan  dari Universitas Brawijaya melaksanakan PUTS ( Perangkat uji tanah sawah), (Jum’at, 31Maret 2017). 

Perangkat Uji Tanah Sawah (PUTS) adalah suatu alat untuk analisis kadar hara tanah secara langsung di lapangan dengan relatif cepat, mudah, murah dan cukup akurat. PUTS ini dirancang untuk mengukur kadar N, P, K dan pH tanah. Hasil pengukuran kadar hara N, P, dan K tanah dengan PUTS dikatagorikan menjadi tiga kelas status hara mengacu pada hasil penelitian uji tanah, yaitu : status rendah (R), sedang (S) dan tinggi (T). PUTS ini merupakan penyederhanaan dari pekerjaan analisa tanah di laboratorium yang didasarkan pada hasil penelitian uji tanah.
Manfaat Secara umum PUTS ini dapat digunakan untuk penilaian status kesuburan tanah sawah secara cepat. Tanah sawah yang mempunyai kandungan hara N, P, dan K tinggi dinyatakan sebagai tanah-tanah sawah yang subur sehingga upaya pelestarian produktivitas lahannya sedikit lebih ringan dibandingkan tanah tanah sawah yang berstatus hara rendah. Manfaat secara khusus adalah pemberian rekomendasi pupuk N, P, dan K untuk padi sawah dapat lebih tepat dan efisien sehingga diperoleh penghematan pupuk.
Danramil 0823/01 Kota Kapt Inf Marwito diharapkan untuk kedepannya bagi para petani bisa mengaplikasikan rekomendasi pemumukan saat budidaya tanam nantinya agar manghasilkan dari panen tersebut bisa meningkat. Lokasi pertemuan tersebut  bertempat Pok tani Sumbe rejeki ( ketua pok Ahmad Zaini ) dusun Kandang Desa Olean.(er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar