HARMONI SITUBONDO

PENDAMPINGAN BABINSA DI DESA KARANG ASEM KECAMATAN SITUBONDO


SITUBONDO, Babinsa Koramil 0823/01 Kota kel.Patokan Serda Jufriyanto dan Koptu Sholeh melaksanakan pendampingan panen padi di wilayah Dsn.Karang Asem kelurahan Patokan .(6 / 03 / 2017 ). Padi yang sudah siap panen itu adalah milik Pak Kadar  yang mempunyai luas 400M atau 1 ireng, yang terdapat di Dsn Karang asem Kecamatan Situbondo.

Pantauan dari Babinsa utk panen musim ini kurang baik karena pada saat padi mulai terbit,kena hujan siang dan malam,sehingga hasil rendemin rendah.
Diperkirakan rata2 dalam satu Ha panen sekarang bisa dpt 6 sampai 7 ton,musim sebelumnya  satu ha dpt antara 8 sampai 9 ton.

Melihat adanya panen padi tersebut Babinsa 0823 /01Kota yaitu Serda Jufriyanto dan Koptu Sholeh mendatangi lokasi panen padi milik pak Kadar dan para Babinsa sekaligus melakukan sosialisasi tentang penyerapan Gabah untuk dijual ke Bulog. Tujuan sosialisasi tersebut guna untuk dalam rangka mendukung program swasembada pangan tidak boleh lengah tetap harus semangat dan sebagai motivator kepada para petani untuk menjadi contoh dalam menyukseskan program pajale khususnya tentang tanaman padi.

Untuk mendukung program tersebut serta untuk mencapai target, babinsa selalu memberikan pendampingan baik secara teori maupun praktek langsung agar program swasembada pangan dapat tercapai dan sukses dan diharapkan para petani menanam padi secara serentak bersama- sama, dengan pendampingan panen padi diharapkan hasil panen lebih baik produksi maupun produktivitasnya yang sangat bagus sehingga dapat membawa keuntungan bagi para petani karena semua tata cara kelola sudah sesuai anjuran dan arahan dari PPL maupun babinsa. 

Bapak Kadar mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak Babinsa yang telah membantu kegiatan panen ini.     “Saya sangat senang  dengan kehadiran  babinsa didesa kami yang selalu membantu para petani maupun masyarakat dan tidak pernah mengeluh, selalu semangat dan setia mendampingi para petani mulai dari awal pengolahan sampai dengan panen”, kata bapak Kadar. (er)


1 komentar: