HARMONI SITUBONDO

PENEGAKAN HUKUM DISIPLIN DAN TATA TERTIB DI KABUPATEN SITUBONDO

SITUBONDO. Penegakan disiplin dan tata tertib dilaksanakan secara serentak di wilayah Kabupaten Situbondo yang dihadiri oleh tim gabungan yang meliputi :
SUB DENPOM V/3-5, PROVOST KODIM 0823, PROVOST PLP AD, PROVOST MARINIR PROPAM POLRES SITUBONDO.(08 / 03 / 2017).
Pelaksanaan Penegakan disiplin dan tata tertib dilakukan  serentak hari ini dimana lokasi/tempat pelaksanaan Operasi Gaktib dan Yustisi TA 2017 di wilayah Situbondo ada 2 tempat yaitu di Jl. Raya Banyuwangi (depan polsek panji)  dan Jl. Raya Bondowoso dengan tema " Waspada Wira Clurit " sesuai dengan Surat Danpomdam V/Brw No R/20/I/2017 tanggal 11 Januari 2017 dan Surat Dandenpom V/3 No ST/02/2017 tanggal 22 Pebruari 2017, kegiatan ini  dilaksanakan sepanjang tahun terhitung mulai tanggal 1 Januari s.d 31 Desember 2017 dan tiap triwulan dilaksanakan evaluasi, periode Triwulan I tahun 2017 dan pelaksanaannya selama 2 (dua) hari yaitu pada tanggal 08 s/d 09 Maret 2017.
 
Sasaran pemeriksaan penegakan ketertiban bagi umum yaitu Surat kelengkapan kendaraan yang meliputi Sim, STNK, kendaraan yang dipakai oleh orang sipil atau umum yang menggunakan plat dinas, Stiker TNI yang dipakai pada kendaraan orang sipil atau umum dan orang sipil atau umum yang memakai Atribut TNI ( seperti memakai, Kaos/jaket/topi/atribut yang lainnya). Bagi anggota aparat meliputi TNI dan Polri dilakukan pemeriksaan surat identitas yang meliputi KTA, Surat ijin keluar kesatrian, Perlengkapan TNI/Gamad dan surat ijin memegang Senpi.

Tujuan dilaksanakan Operasi Gaktib dan Yustisi di wilayah Situbondo untuk menekan terjadinya pelanggaran – pelanggaran khususnya bagi pengendara sepeda motor dan mobil. Bagi anggota TNI dan POLRI yang melanggar akan dikenakan sanksi tilang/proses sesuai dengan pelanggaran/kesalahannya yang akan dilaporkan ke Satuannya serta ke Komando atas.

Upaya penegakan hukum dan disiplin prajurit menempati posisi yang sangat penting dan positif sebagai keteguhan sikap serta perilaku prajurit TNI, yang dilandasi dengan tekad untuk patuh terhadap hukum  dan disiplin prajurit, dan mencegah segala bentuk pelanggaran prajurit.  Disampaikan bahwa disiplin dan taat hukum bagi prajurit akan berbanding lurus dengan pelaksanaan tugas pokok, prajurit yang disiplin akan dapat melaksanakan tugas pokok dengan maksimal sehingga dapat memberikan contoh yang baik kepada rakyat niscaya rakyat akan cinta dengan prajurit.

Berdasarkan evaluasi hasil pelaksanaan Operasi Gaktib dan Yustisi tahun 2016 yang lalu secara umum terjadi penurunan pada perkara pidana, tetapi terjadi peningkatan pada pelanggaran disiplin. Adapun perkara yang menonjol meliputi tindak pidana desersi, penyalahgunaan narkoba dan pelanggaran lalu lintas. Ada kurang lebih 8 (delapan)  personel yang kita periksa hari ini, anggota-anggota tersebut berasal dari beberapa satuan TNI yang ada diwilayah situbondo. Namun tidak ditemukan pelanggaran yang prinsip. Hal ini yang kita harapkan, ini membuktikan prajurit TNI diwilayah Kodim 0823 disiplin dan taat hukum. (er)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar