HARMONI SITUBONDO

OPSUS PERCEPATAN LUAS TANAM WILAYAH KAPONGAN


SITUBONDO, Danramil 0823/03 Kapongan Kapten Inf Jony Kriswanto melaksanakan opsus percepatan tanam di wilayah Kapongan bersama PPL, Mahasiswa STTP Malang, UNIBRA Malang dan Gapoktan melati Landangan, (16/03/2017).
Pelaksanaan Percepatan tanam padi jenis cicaherang dilakukan di wilayah Kapongan dengan luas tanam 0,5 ha milik Haji Ruslan Desa Landangan. Dengan adanya percepatan tanam ini, menurut Danramil 0823/03 Kapongan Kapten Inf Jony Kriswanto, dilaksanakan dalam rangka swasembada pangan.

Adapun pendampingan di sawah milik Haji Ruslan Desa Landangan di bawah binaan Babinsa desa Landangan menggunakan sistem konvensional (biasa) dengan jenis padi ciherang. Danramil menyebutkan, kegiatan ini sebagai bagian dari koordinasi yang bisa memberi solusi terhadap percepatan luas tambah tanam untuk meningkatkan harga pembelian pemerintah.

Kegiatan ini sekaligus untuk menyerap hasil panen petani sebagai tambahan cadangan beras yang merupakan sinergi antara para petani dan TNI. ” Ini merupakan modal besar dalam rangka meningkatkan swasembada pangan dan ketahanan pangan,” tandas Kapten Inf Jony Kriswanto.

“Dengan adanya pendampingan selama ini, kami sangat dimudahkan bahkan kami didukung Alsintan maupun selalu didampingi bahkan dibantu oleh tenaga tehnis baik dari PPL bersama Babinsa dalam setiap fase kegiatan pertanian kami, sehingga kami terhindar dari bahaya gagal panen. Bahkan, dengan dukungan Alsintan ini kami dapat mempercepat tanam dan menghemat biaya,” tutur H. Ruslan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar