HARMONI SITUBONDO

BABINSA BANTU OPTIMALKAN HASIL PANEN PETANI

Situbondo, Babinsa Koramil 0823/16 Sumbermalang Sertu Wahyu melaksanakan pendampingan penyemprotan hama padi di desa  Kalirejo Kecamatan Sumbermalang dengan Luas lahan 1,5 Ha. Kegiatan ini dilaksanakan Babinsa bersama sama dengan para petani, (24/03/2017).
 
Sertu Wahyu mengungkapkan Salah satunya sosialisasi bagaimana cara bercocok tanam padi yang benar dan sistim tanam padi jajar legowo dengan harapan kelompok tani dapat mencontoh apa yang telah dilakukan oleh para petani yang lainnya karena salah satu tujuan dari Upsus ini selain meningkatkan produktivitas juga dalam rangka mensejahterahkan para petani.
 
Kegiatan ini sangat baik untuk dapat membantu dan memberikan pengetahuan tatacara bercocok tanam yang baik kepada para kelompok tani yang berada di Desa Kalirejo Kecamatan Sumbermalang untuk diketahui bersama bagaimana cara bercocok tanam yang benar untuk mendapatkan hasil panen yang memuaskan pula.
 
Pendampingan kepada petani untuk menanam padi karena saat ini masih memasuki musim hujan bertepatan dengan masa tanam di wilayah Kecamatan Sumbermalang. Sertu Wahyu menambahkan bahwa petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan ‘jajar legowo’ dengan harapan tingkat pertumbuhan produksi padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen. Saat ini, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola tanam dengan memakai ‘jajar legowo’ Tetapi berdasarkan teori ahli sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya.
 
Pada program ketahanan pangan di Kabupaten Situbondo, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan. Para petani berharap pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar