HARMONI SITUBONDO

TIADA JARAK ANTARA BABINSA DENGAN WARGANYA

Situbondo, Babinsa Koramil 0823/01 Kota Kopka Absalon  sedang mendampingi Ibu ibu Persit Kartika Chandra Kirana untuk  menyalurkan bantuan sembako di Dusun Lumbung Kelurahan Dawuhan kepada Ibu Ramona Umur 70 Th. Kegiatan ini dalam rangka HUT Persit Kertika Chandra Kirana  ke-71. (Kamis 30 Maret 2017).
Babinsa merupakan Ujung Tombak bagi satuan teritorial kewilayaan, peranan Babinsa sangatlah penting untuk mengatasi kesulitan rakyat disekelilingya. Maka perlu pendekatan antara babinsa dengan rakyat. Oleh karena itu desa-desa yang ada baik di desa pesisir (desa nelayan dan petani), desa daratan dan dataran, pegunungan, perkotaan, pinggiran kota, maupun didesa-desa perbatasan, harus perlu dioptimalkan dengan peran Babinsa yang terkait dengan pembinaan pada masyarakat dalam menciptakan sistem keamanan lingkungan yang nyaman, serta aman dari berbagai gangguan.
Dalam peranan tersebut Babinsa Koramil 0823/01 Kota Kopka Absalon telah membuktikan peranannya sebagai Babinsa yang peduli dengan masyarakat. Menurutnya “bahwa dengan melakukan pendekatan antara Babinsa dengan rakyat dapat mewujudkan hubungan yang erat serta menjaga keamanan dilingkungan Binaannya” Ujar Kopka Absalon.
Para Babinsa dalam melaksanakan tugasnya ha¬rus memiliki kemampuan antara lain kemam¬puan khusus, kemampuan mental dan ideologi, kemampun fisik, kemampuan profesionalisme dan pengusaan lima kemampuan teritorial. Kemampuan khusus berkaitan dengan kepekaan terhadap lingkungan, hidup sebagai bagian dari lingkungan artinya Babinsa harus mampu men¬ciptakan kondisi lingkungan yang kondusif, mampu sebagai pengayom, dan sebagai penyalur aspirasi masyarakat serta menjadi patner yang berperan dalam penggerak stabilisator, dinamisa¬tor dan innovator dalam pembangunan, menjadi contoh dan teladan dalam menjalankan kewa¬jiban sebagai warga Negara yang baik, dan men¬jadi alat penerangan yang dapat menunjukan kebenaran TNI menjadi milik rakyat, lahir dari rakyat, berjuang untuk rakyat sehingga kehadi¬rannya selalu didambakan dan dincintai rakyat.(er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar