HARMONI SITUBONDO

BATI KOMSOS KORAMIL 0823/12 SUBOH MEMEMBERIKAN PENGARAHAN KEPADA SAKAWIRA TENTANG PENGGUNAAN KOMPAS SIANG

Situbondo, Koramil 0823/12 Suboh melaksanakan kegiatan rutin terhadap Sakawira Kecamatan Suboh di areal SPBU Suboh Kabupaten Situbondo. Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh Pembina Harian Sakawira Kecamatan Suboh (Samhary), Bati Komsos, Babinsa Koramil 0823/12 Suboh dan di ikuti oleh 30 siswa dari siswa SMA dan SMK Kecamatan Suboh, (26/03/2017).
Materi yang di berikan kepada Sakawira Kecamatan Suboh oleh Bati Komsos Koramil 0823/12 Suboh tentang materi pengenalan kompas siang, dibantu oleh babinsa koramil 0823/12 Suboh bersama pembina harian sakawira saudara Samhary. Inti pengenalan kompas siang ini bertujuan untuk menentukan arahdan sudut dilapangan, kompas juga merupakan penunjuk arah mata angin dengan ketentuan sudut derajat dari arah utara magnetis bumi pada siang hari.

Antusias para siswa terlihat sekali siang ini, dilihat dari mereka serius memperhatikan penjelasan dari Bati Komsos  dari awal sampai akhir. Setelah menerima penjelasan dari Bati Komsos para siswa/i langsung diberikan kesempatan praktek cara penggunaan kompas tersebut. “Diharapkan sedikit ilmu bisa diaplikasikan bila para siswa/i sedang ada kegiatan dialam contoh saat kegiatan cinta alam dengan naik gunung lalu tersesat bisa digunakan lah kompas tersebut”, pungkas Bati Komsos. Dalam pengenalan alat tersebut siswa/i bisa mengetahui dan mengerti apa sebenarnya kegunaan kompas siang tersebut.
Itulah berbagai hal terkait dengan pengertian kompas, bagian-bagian kompas, fungsi kompas, dan cara menggunakan kompas. “ Semoga artikel tentang jenis, bagian, dan fungsi kompas ini bisa membantu para pramuka dalam mengenal dan menggunakan kompas sehingga akan mempermudah dalam berbagai teknik kepramukaan atau scouting skill” Ujar Babinsa Koramil 0823/12 Suboh.(er)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar