HARMONI SITUBONDO

PENDAMPINGAN BABINSA KEPADA PETANI DI DESA TANJUNG PECINAN

SITUBONDO, Babinsa Ds. Tanjung Pecinan Kec. Mangaran Serka Misja  Kusuma mekaksanakan pendampingan pegendalian hama wereng coklat.(06 / 03 / 2017 )
Pendampingan pengendalian hama wereng tersebut dihadiri oleh Petugas POPT dan Poktan di Dsn Tanjung Pecinan utara tepatnya di Padi milik Asmawan yang seluas 0,5 Ha,
Masa tanam padi telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah pemeliharaannya, mulai pengairan, pemupukan dan penyemprotan. Penyemprotan ini untuk mengantisipasi penyakit Blas, hama ulat pengulung daun maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi.

Selain itu, Babinsa bersama Petugas POPT dan Poktan juga lakukan sosialisasi untuk mengajak para petani proaktif menaggulangi serangan hama ulat pengulung daun maupun hama tanaman yang lainnya seperti tikus dan wereng sebagai antisipasi pengendalian hama menyerang tanaman padi.

Dengan hal tersebut Babinsa juga menghimbau kepada para petani untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama tersebut. “Bila penyemprotan dilakukan bersama-sama serentak maka hama ulat ataupun wereng tidak akan berpindah ke sawah yang di sekitarnya”, ujar Babinsa Serka Misja  Kusuma.

Demi menyelamatkan tanaman padi milik petani dan antisipasi meluasnya serangan hama yang menyerang tanaman padi, Babinsa dengan petugas POPT dan Poktan akan terus melaksanakan pendampingan kepada para petani supaya hasil yang diharapkan maksimal. (er )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar