HARMONI SITUBONDO

PENDAMPINGAN BABINSA DI DESA WONOREJO KECAMATAN BANYUPUTIH

Situbondo, Koramil 0823/09 Banyuputih Serka Rudi Babinsa Desa Wonorejo memberikan arahan  kepada para petani sebelum melaksanakan penyemprotan padi di Dsn.Kendal Rt 04/Rt 02 Desa Wonorejo Kec.Banyuputih. 16 /03/2017 

“Penyemprotan ini untuk mengantisipasi hama ulat pengulung daun maupun wereng, selain itu juga untuk memberikan kesuburan terhadap batang padi serta menghilangkan rumput ilalang yang bakal tumbuh di sekitar padi,” jelas Babinsa. Selain itu, Babinsa bersama kelompok tani juga lakukan sosialisasi untuk mengajak para petani proaktif menaggulangi serangan hama ulat pengulung daun maupun hama tanaman yang lainnya seperti tikus dan wereng sebagai antisipasi pengendalian hama menyerang tanaman padi.

Dengan hal tersebut Babinsa juga menghimbau kepada para petani untuk melakukan penyemprotan secara serentak guna mengendalikan serangan hama tersebut. “Bila penyemprotan dilakukan bersama-sama serentak maka hama ulat ataupun wereng tidak akan berpindah ke sawah yang di sekitarnya”, tandas Babinsa Serka Rudi.

Harapan Babinsa agar padi yang sudah di semprot tumbuh subur serta mendapatkan Hasil yang Maksimal sehingga Hasil panen padi  bisa sebagian di masukan ke bulog. Serka Rudi mengatakan bahwa program swasembada pangan merupakan tanggung jawab kita bersama. "Tanpa adanya kerjasama yang baik antara Babinsa bersama Dinas pertanian dan petani, program swasembada pangan akan sulit terwujud", kata Babinsa. (er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar