HARMONI SITUBONDO

BABINSA BERIKAN MATERI TENTANG WAWASAN KEBANGSAAN KEPADA WARGA

Situbondo,  Babinsa Koramil 0823/07 Asembagus Serka Syamsiyadi memberikan materi tentang wawasan kebangsaan pada acara pelatihan RT/RW se Desa Asembagus yang bertempat di pendopo Desa Asembagus kecamatan Asembagus yang dihadiri oleh Kanit Binmas ipda Agus, Kepala Desa Asembagus beserta perangkat desa, Ketua RT/RW sebayak 20 org, Ketua BPD beserta anggota 5 org, Ketua LPM beserta anggota 5 org, (31/03/2017).

Wawasan kebangsaan merupakan salah satu wahana membangun cinta tanah air karena wawasan kebangsaan merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya yang di dasari oleh falsafah cita-cita dan tujuan nasional, namun sampai saat ini pemahanan wawasan kebangsaan dalam diri masyarakat masih kurang oleh karena itu perlu adanya pemberian pemahaman akan wawasan kebangsaan sejak usia dini.secara teori wawasan kebangsaan masih kurang di pahami oleh masyarakat sehingga pemberian pemahaman wawasan kebangsaan dalam bentuk aplikasi akan lebih mudah di pahami selain itu wawasan kebangsaan ini juga perlu di berikan sejak pendidikan dasar hingga menginjak dewasa.
Apalagi ditengah globalisasi dengan segala bentuk dinamika masyarakat dan tantangan yg dihadapi oleh masyarakat dan bangsa saat ini, sangatlah perlu adanya pemantapan wawasan kebangsaan kapada seluruh elemen masyarakat di tanah air. Karena globalisasi sangat mempengaruhi cara pandang masyarakat dalam berbagai aspek. Globalisasi tidak bisa kita hindari akan tetapi harus kita hadapi dengan baik seperti penguatan wawasan kebangsaan yg dilakukan oleh babinsa Koramil 0823/07 Asembagus Serka Syamsiyadi di desa Asembagus.
Dengan dilaksanakan  wawasan kebangsaan tentu diharapkan akan dapat tumbuh jiwa Nasionalisme dan Patriotisme terhadap warga masyarakat setempat. Empat Pilar bangsa tidak boleh dilupakan yaitu Pancasila, NKRI, Bhineka Tunggal Ika dan UUD 45 sebagai suatu kekuatan yg harus dipegang teguh oleh seluruh elemen masyarakat.

Pada hakekatnya, Wawasan Kebangsaan Indonesia dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia berkembang dan mengkristal dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia dalam membentuk negara Indonesia yang tercetus pada waktu diikrarkan Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928 sebagai tekad perjuangan yang merupakan pernyataan tentang eksistensi bangsa Indonesia yaitu satu nusa, satu bangsa dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia, yang intinya bertekad untuk bersatu dan merdeka dalam wadah sebuah “Negara Kesatuan Republik Indonesia”. Dan pemahaman Wawasan Kebangsaan, tidak akan pernah lepas dari Wawasan Nusantara, karena keduanya adalah suatu kesatuan dalam memahami dan memaknai bangsa dan negara Indonesia sebagai kesatuan utuh menyeluruh dan manunggal.

“ Upaya membangun wawasan kebangsaan  kedepannya  tentu menjadi tugas bersama dalam membangkitkan spirit pemuda. Upaya ini sebenarnya sudah ada dalam UUD 45 yang menyebut bagaimana ke depan bangsa ini bisa lebih maju. Terutama menghadapi era globalisasi yang sekarang lebih banyak masukan-masukan dari luar dan bisa mempengaruhi generasi muda kita” Ujar Serka Syamsiyadi. (er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar