HARMONI SITUBONDO

BABINSA WILAYAH SUMBERWARU KECAMATAN BANYUPUTIH MELAKSANAKAN PENDAMPINGAN MASA TANAM PADI


Situbondo, Babinsa Koramil 0823/08 Banyuputih Serda Gusnadi babinsa desa sumberwaru melaksanakan pendampingan Hanpangan pembajakan sawah 2 Ha milik P. Angga dusun Sidomulyo RT. 6 /RW 10. Desa Sumberwaru, (03/04/2017).
Babinsa melaksanakan pendampingan kepada petani untuk menanam padi karena saat ini memasuki musim hujan bertepatan dengan masa tanam di wilayah Banyuputih. Serda Gusnadi  menambahkan bahwa petani perlu mendapat motivasi dengan pendampingan terkait pola tanam yang menggunakan ‘jajar legowo’ dengan harapan tingkat pertumbuhan produksi padi nantinya akan banyak dan meningkatkan produktivitas panen. Saat ini, tidak semua petani memahami dan setuju terhadap pola tanam dengan memakai ‘jajar legowo’ Tetapi berdasarkan teori ahli sistem tersebut mampu meningkatkan produktivitas sekitar 30 persen per hektarnya.
Pada program ketahanan pangan di Kabupaten Situbondo, Babinsa melakukan tugas pendampingan kepada petani dan kegiatan membantu petani untuk bersinergi dengan program pemerintah pusat mengenai ketahanan pangan. Para petani berharap pendampingan Babinsa dilakukan secara kontinyu dan berkesinambungan, sehingga diharapkan TNI selalu dapat membantu petani yang membutuhkan pendampingan.
Diharapkan kepada petani agar cepat tanam agar pertengahan bulan juni sdh bisa panen dan hasil panen diharapkan lebih bagus dari hasil panen sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target serapan gabah produksi tahun 2017 di Kecamatan Banyuputih,” katanya.
Untuk menggenjot produktifitas panen, pihaknya sudah mengintruksikan agar diupayakan percepatan masa persiapan tanam dengan mendukung prasarana mesin pertanian dan perluasan lahan, sehingga target produksi tersebut mampu dicapai dalam rangka menunjang program ketahanan pangan nasional.(er)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar