HARMONI SITUBONDO

UPACARA KENAIKAN PANGKAT KODIM 0823/SITUBONDO

SITUBONDO, KODIM 0823/Situbondo melaksanakan upacara kenaikan pangkat yang dipimpin langsung oleh Dandim 0823/Situbondo Letkol Inf Ashari, S.Pd di Halaman Makodim 0823/Situbondo, (Senin, 03/04/2017).Kenaikan pangkat ditandai dengan penanggalan dan pemasangan pangkat oleh Dandim kepada perwakilan personel yang naik pangkat. Dalam sambutanya Dandim mengatakan Kenaikan Pangkat dan Golongan dalam kehidupan militer, diberikan kepada setiap Prajurit yang mampu menunjukan Prestasi, Loyalitas dan Dedikasi yang baik, sehingga yang bersangkutan dinilai patut dan layak mendapat kehormatan dari Negara berupa Kenaikan pangkat. Sebagai bentuk penghargaan Negara dan TNI kepada para prajurit, atas prestasi dan pengabdiannya, salah satunya dalam bentuk kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi yang diberikan kepada Prajurit secara periode tentunya, dengan kriteria kriteria tertentu untuk memenuhi syarat penghargaan ini. Dengan demikian, kenaikan pangkat harus dapat dijadikan sumber motivasi sekaligus inspirasi untuk memantapkan kejuangan, idealisme, moralitas, etika dan profesi keprajuritan yang berbasis pada jati diri TNI.

Lebih lanjut Dandim Kodim 0823/Situbondo berharap kepada Prajurit yang naik pangkat, agar mampu mempertanggungjawabkan makna dari kenaikan pangkat, karena tutututan dari kenaikan pangkat yang telah diterima harus diimbangi dengan sikap dan perilaku yang lebih bermakna dilingkungan tugas dan lingkungan sekitar. Dalam kesempatan itu juga Dandim mengatakan kepada prajurit yang memasuki MPP Tidak dipungkiri lagi bahwa saat menjelang masa persiapan pensiun merupakan masa yang sangat ditakuti dan dicemasi oleh banyak orang yang sebelumnya berstatus sebagai Anggota TNI AD/Pegawai Negeri Sipil. Betapa tidak karena semasa seseorang menjadi Pegawai Negeri mempunyai penghasilan tetap berupa Gaji yang jumlahnya relatif besar sesuai pangkat / jabatannya dan setelah menjalani masa pensiun hanya menerima uang manfaat pensiun yang jumlahnya relatif kecil.

Kondisi seperti ini kalau tidak ada persiapan sebelumnya sudah barang tentu akan mengakibatkan power syndrome dan stress yang berkelanjutan , karena tidak adanya pengganti kesibukan dan juga pengganti sumber pendapatan untuk menutup kekurangan dana anggaran rumah tangga setelah Seorang pegawai negeri menjalani masa pensiun. Hal ini tidak akan terjadi apabila jauh sebelum menjalani masa pensiun sudah mempunyai perencanaan kegiatan dan sumber pendapatan lainnya selain dari uang manfaat pensiun. Acara dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat kepada anggota yang melaksanakan Kenaikan pangkat dan MPP, dimulai dari Dandim 0823/Situbondo dan diikuti seluruh anggota.(er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar