HARMONI SITUBONDO

SOSIALISASI TENTANG BENCANA TANAH LONGSOR DI BALAI DESA ALASTENGAH

Situbondo, Sertu Juhardi babinsa desa Alastengah mendampingi kapolsek sosialisasi tentang bencana tanah longsor di balai desa alastengah. Senin,17/04/2017).
Didalam sosialisasi tersebut menjelaskan bahwa Mitigasi bencana adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana (Pasal 1 ayat 6 PP No 21 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana). Mitigasi didefinisikan sebagai upaya yang ditujukan untuk mengurangi dampak dari bencana.Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. (UU No 24 Tahun 2007, Bab I Ketentuan Umum, Pasal 1 angka 9) (PP No 21 Tahun 2008, Bab I Ketentuan Umum, Pasal 1 angka 6).
Dalam konteks bencana, dikenal dua macam yaitu (1) Bencana alam yang merupakan suatu serangkaian peristiwa bencana yang disebabkan oleh faktor alam, yaitu berupa gempa, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan tana
h longsor, dll. (2) Bencana sosial merupakan suatu bencana yang diakibatkan oleh manusia, seperti konflik sosial, penyakit masyarakat dan teror. Mitigasi bencana merupakan langkah yang sangat perlu dilakukan sebagai suatu titik tolak utama dari manajemen bencana.
Ada empat hal penting dalam mitigasi bencana, yaitu :Tersedia informasi dan peta kawasan rawan bencana untuk tiap jenis bencana, Sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana, karena bermukim di daerah rawan bencana, Mengetahui apa yang perlu dilakukan dan dihindari, serta mengetahui cara penyelamatan diri jika bencana timbul, Penataan kawasan rawan bencana untuk mengurangi ancaman bencana.
Maksud, tujuan, dan sasaran yang ingin dicapai Saat ini anak – anak selalu menjadi korban terbesar dari suatu bencana, sehingga pengetahuan tentang mitigasi bencana untuk anak- anak dianggap sangat perlu sehingga anak- anak tidak selalu menjadi korban terbesar dari bencana tetapi menjadi bagian dari penanggulangan bencana, dapat membantu orang tuanya untuk menghadapi bencana dan membantu setelah terjadi bencana.
Adapun maksud dan tujuan dari Sosialisasi / Penyuluhan Tentang Mitigasi Bencana adalah Mengurangi risiko/dampak yang ditimbulkan oleh bencana khususnya bagi anak – anak, Meningkatkan pengetahuan anak – anak dalam menghadapi serta mengurangi dampak/risiko bencana, sehingga anak – anak  dapat hidup dan beraktivitas dengan aman dan untuk mengurangi risiko kematian dan cedera terhadap anak – anak. (er)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar