HARMONI SITUBONDO

SOSIALISASI TENTANG PEMBAGIAN AIR MENJELANG MUSIM KEMARAU

SITUBONDO, Serda Gusnadi babinsa sumberwaru Bersama hipa  di dusun cotek sidodadi RT 02/02 laksanakan sosialisasi tentang pembagian air menjelang musim kemarau.(06/05/2017)
Dalam arti yang sempit, operasi jaringan irigasi adalah pengaturan pintu-pintu pada bangunan air (bendung, bangunan bagi dll) untuk menyadap air dari sumber air, mengalirkannya ke dalam jaringan irigasi, memasukan air kepetak-petak sawah, serta membuang kelebihari air ke saluran pembuang.
Dalam arti yang luas, operasi adalah usaha-usaha untuk memanfaatkan prasarana irigasi (jaringan irigasi) secara optimal
Menurut PP No. 20 tahun 2006 tentang Irigasi dalam pasal 1, Operasi jaringan irigasi adalah upaya pengaturan air pada jaringan irigasi yang meliputi penyediaaan, pembagian, pemberian, penggunaan dan pembuangannya termasuk kegiatan membuka menutup pintu bangunan irigasi, menyusun rencana tata tanam, menyusun sistem golongan, menyusun rencana pembagian air, kalibrasi, pengumpulan data, monitoring dan evaluasi.
Kegiatan sosialisasi tersebut  meliputi : Penyediaan Air Irigasi, Rencana Pembagian Air, Pemberian Air Irigasi, Melaksanakan Tata Tanam dan Pembagian Air, Monitoring & Evaluasi
Kegiatan sosialisasi berkaitan dengan pembagian air irigasi, agar pembagian dapat adil dan merata maka kegiatan sosialisasi ini  pada jaringan utama (main system) sampai dengan kegiatan pada pintu tersier harus dilaksanakan oleh aparat/petugas Dinas PU Pengairan (swakelola).

Pemeliharaan Jaringan Irigasi adalah upaya menjaga dan mengamankan jaringan irigasi agar selalu berfungsi dengan baik guna memperlancar pelaksanaan operasi dan mempertaharikan kelestariannya.(er)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar